Langsung ke konten utama

Melawan Krisis PeDE

Haluuuuu dears... 
Kali ini saya akan sharing gimana cara saya melawan krisis percaya diri (selanjutnya ditulis pede).

Tanda-tanda saat kamu terserang virus krisis pede ini antara lain, keringat dingin, jantung berdebar lebih cepat dari biasanya, badan gemetar terutama d areal kaki dan tangan (mungkin juga blm makan? :P), orang yang pemalunya kelewat parah, dan sering minder atau demam panggung saat ada di depan orang satu kecamatan(apalagi saat ketangkap hansip)

Dan jujur saya juga pernah mengalami ini (mungkin sohib2 saya yg baca pada nyumpahin, krna setau mereka saya dilahirkan tanpa urat malu). Tapi serius, sepede - pedenya manusia, dia pasti pernah minder. Naah, biar ga tambah ngawur sayanya, langsung aja yak kebagian yang lebih guna. 

1. PENGENALAN DIRI
Bagian 1 kayak pelajaran konseling waktu sekolah aja yak.. ??
Kenapa pengenalan diri adalah yang pertama, ya karena kalo kita ga tau siapa diri kita, tips selanjutnya akan percuma. 
Tau apa yang kita bisa dan ga bisa, kekurangan dan kelebihan apa yang kita punya, potensi diri kita sampai apa yang bisa memicu hal baik dan tidak dalam diri kita itu perlu banget untuk dicari tau, kalo pengenalan sama diri sendiri udah mantep maka secara ga langsung keyakinan pada diri akan muncul dan jadilah kita percaya sama diri kita. So, sebelum sok-sok kenal orang lain luar dalam, penting banget tau siapa diri kita terlebih dulu.

2. MEMPERBAIKI PENAMPILAN
Bisa jadi kamu kurang pede karena penampilan kamu selama ini. Ga mesti permak ampe operasi plastik,atau menghaburkan banyak uang demi tampil ngehits, melainkan kita perbaiki dengan cara tampil lebih bersih,rapi, wangi, belajar berpakaian yang pantas sesuai tempat, nyaman saat d pakai, tidak berlebihan dan sesuai dengan diri, biar orang yg liat kita juga enak adem gitu rasanya. Nah, kalo orang udah nyaman dekat kita maka kita pun akan mendapatkan suasana hati yang nyaman. Catatan penting buat pakaian, gak perlu selalu memaksa untuk memakai model yang terbaru sebab  ga semua model baju cocok buat kita. 

3. SERING KE TEMPAT UMUM.
 Pelan-pelan mulailah membuka diri buat jalan ketempat ramai, ngemall kah cuci mata, sering nonton konser(cari yang gratis biar ga cepet kere), bantu-bantu pas ada acara di dekat rumah atau kepengajian biar lebih manfaat, bisa juga ikut acara seminar tentang motivasi dan mencoba kenalan sama orang yg duduk di samping bangku kita dengan menanyakan hal ringan misal nanya nama dan seberapa sering dia ikut acara-acara seperti itu (kalo d jutekin lempar senyum jangan gondok ya, bisa jadi tagihan kreditnya lagi nunggak). Pokoknya melatih diri buat sering ngobrol lah yaaah.. 

4. STANDAR DIRI
Dalam hidup kita harus tau juga batas standar diri kita,seberapa bisa kita melakukan sesuatu dengan baik menurut versi diri sendiri, tentunya dengan memiliki standar seperti apa yg ingin kita capai dan berikan,q maka kita akan merasa pede. Semakin tinggi standar diri yang kita miliki maka akan semakin baik pencapaian kita dalam hidup, tentu dengan melakukan setiap sesuatu dengan sungguh-sungguh. Jika standar kita tinggi tp kesungguhan kita kurang maka hal ini bisa bikin kita minder dalam lingkup pergaulan, kenapa?? Karena standar yang kelewat tinggi tapi ga dibarengi dengan kesungguhan hasilnya akan mengecewakan. Bingung yah? Pokoknya itu lah.

5. TIDAK MUDAH TERPENGARUH

Ini nih masalah banget buat kita-kita yang selalu nelan bulat-bulat apa yang d omongin orang di luar sana, mau itu positif atau negatif. Ada yang kegemukan, idung pesek, gigi maju, dan bentuk bulying fisik lainnya yang bisa banget bikin kita minder. Padahal ni ya sob ya, apa yang di kasih tuhan sama kita itu adalah berkah, ga selalu yang di liat orang jelek itu jelek pula di mata tuhan (bijak nih, seriuuusss). Jadi syukurin deh nikmat di kasih idup.
Ada juga faktor dalam diri kita seperti terobsesi dengan sosok yang dikagumi. Ga masalah klo termotivasi buat mencontoh karyanya (bukan jiplak lho ya) tapi jangan sampe kita pengen sama cantiknya atau ganteng, sama modisnya padahal keuangan ga dukung ampe  maksa jual sawah ortu apalagi sawah tetangga, diiihh amit-amit jabang beybehhh.

Jadi diri sendiri itu lebih baik kawan, gali potensi apa yang ada di diri kita, mimpi apa yang ingin kita raih, jalan hidup seperti apa yang kita pilih, tentukan dari sekarang, dengan niat, ilmu dan pengenalan diri yang mantabsss maka persentase kepercayaan akan diri kita akan naik. JADI PEDE DEHHH INSYA ALLAH.....

Segini dulu aja deh, yang kurang bisa di tambahkan di komen, yang salah... Maapkan ulun yang khilaf.

SEMOGA BERGUNA KAWAN....







Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAMAHKU ANAK SOSMED (Fiksi)

"Kanaya, belikan Mamah paket data dong!!" Terdengar teriakan mamah dari luar kamar dengan suara agak mono, yg kalau dari dekat bisa memekikan tekinga. "Iya mah,bentar!!!" Aku menyahut tidak kalah cempreng dengan tingkat mono sumbang. Mamah baru kenal sosial media beberapa tahun terakhir dan lagi gila-gilanya. Selalu pajang kegiatan terkininya dengan gaya super eksis. Mamah berusia 43 tahun namun dengan perawakan mungil dan masih awet muda, banyak teman-temannya bilang kalau mamah seperti 10 atau 15 tahun terlihat lebih muda. Sosok ibu tunggal pekerja keras, beliau cukup ulet setelah Papah meninggal karena serangan jantung. Beliau pegawai salah satu perusahaan swasta. Kehidupan kami cukup sederhana namun kebutuhan tidak kekurangan, ya cukuplah. Namun semenjak kecanduan Mamah dengan sosmed membuat hidup sepertinya lebih irit. Uang jajanku berkurang, makan di rumah dengan lauk alakadar, keperluan sekolah tidak lagi utama. Mungkin dananya pindah untuk baju gamis yan

MEMBENCI

Hai, gue Desy yang akan bercerita tentang apa saja yang dirasa, didengar, dialami dan diketahui. Semua masalah dan pelik, pahit,manis dan bahagia kehidupan ada di sini. Di RUANG CURHAT.   Membenci adalah hal paling mudah dilakukan oleh hampir banyak orang. Entah kenapa hati begitu gampang tidak suka.   Pernah ga kalian mendengar alasan seseorang tidak menyukai orang lain hanya karena, “Ya ga suka aja.”   Membenci adalah hal yang melelahkan, terlebih saat membenci dengan tambahan amarah. Karena membenci yang biasa kita tujukan pada orang lain akan membuat hati terasa panas dengan bara amarah yang menyala. Membenci itu adalah aktivitas mengganggu, sebab kita sering sukar tidur nyenyak karena dongkol hati. Sementara yang di benci malah hidup normal dan baik-baik saja.   Karena membenci seseorang kita juga bisa lelah menangis kecewa. Meski mulut berkata, “Aku ga benci, cuma kecewa.” Tapi tiap ketemu ada rasa memuncah di hati yang ingin segera diluapkan, entah dengan makian,

TV Indonesia Sejagat Raya

Saya emak rumah tangga yg full time ngurusin anak sama suami sambil curi-curi waktu buat ngurusin olshop kecil-kecilan (sekalian promo di FB: desy faurina dan follow Instagram @desyfaurina yaach kali aja emak mau jajan). Yaah umumnya emak-emak rumah tangga hiburan yang paling sering dinikmati ya TV, walau ga dari pagi ketemu pagi nonton TV aja tapi karena tiap hari ketemu ama tuh TV membuat saya sedikit banyak nyaris tau jadwal acaranya. Hehe bukan kurang kerjaan juga tp emang pengangguran mau gimana??? Dari sekian tahun pernikahan (biarpun masih seumur kecambah) saya kok ngerasa tontonan TV lokal se-Indonesia Raya nyaris ga ada peningkatan mutu, apalagi beberapa tahun terakhir.  Miris dan meringis berhubung saya punya anak usia 3 tahun yang udah ngerti banget sama TV, saya cukup kesulitan memilah milih tayangan baik buat anak (emak lain juga sama kayanya). Itu buat anak lain lagi buat ABG hedeeeh klo dulu zaman 90an masih ada tayangan FTV dongeng kaya cinderella dan beberapa donge