Langsung ke konten utama

PUTIH ABUABU

Katanya cerita hidup seseorang itu ga afdol kalo bukan dari area putih abu, kenapa?? Karena menurut saya secara pribadi di area itu banyak banget cerita lucu, haru,malu-maluin, bikin dongkol,tapi ngangenin. Berasa ga sih di masa ini kita yang tadinya remaja pindah ke masa yang bisa dibilang polos tapi ga polos amat, dibilang dewasa tapi kesannya kadang sok dewasa, yaah kayak pas ama gelarnya yakni "putih-abuabu", putih engga item engga, nah ada abuabu lagi warna yang kalo saya bilang burem. Masa ini tuh kalo ga pinter-pinter maka masa depan kamu bisa suram,mencekam dan buram. Bukan maksud nakutin loh ya!!!

Oke, yang tadi cuma intermezo. Kata putih-abuabu di ganti masa SMA aja yak biar hemat karakter!? Hehe

Saya kaya kebanyakan anak cewek yang lain d SMA. Punya teman bisa dibilang lumayan banyak, beberapa sohib yang alhamdulillah sampai sekarang bisa dibilang masih solid, agak tomboy tapi masih doyan ngaca. 

SMA oh SMA. Nge-genk, senioritas, berburu gebetan (yang kalo itu kaka kelas bakal jadi derita banget). Hal yang ini kayaknya familiar banget di kehidupan anak SMA. Nah ini lah yang akan saya bahas.



NGE-GENK
Hampir semua anak sekolah pernah punya genk. Mungkin beberapa ada yang ga ngaku, tapi apa namanya kalo dari kelas 1-3 walau ngaku temenan ama siapa aja ya ujung-ujungnya ngumpul dan curhat sama orang cenderung itu-itu aja. Contohnya saya, bukan berarti kuper, saya akan merasa nyaman dengan orang yang sama jika dalan 1 tahun ga pernah ada konflik. Saya temenan sama siapa aja bisa nongkrong dan jalan sama temen yang mana aja, nebeng berangkat sekolah ama temen yang mana aja, tapi ga buat curhat sama siapa aja. Coba deh ingat pelan-pelan pasti tiap bel istirahat bunyi walau beda kelas kamu akan cenderung ngumpul dengan orang yang itu-itu aja,cenderung loh artinya ga selalu.

Kata guru saya jangan bikin genk kalo d sekolah. Tapi beda dengan saya. Saya rasa nge-genk d zaman sekolah asalkan positif ga bikin onar kaya genk di pasar ga masalah. Ga malak orang, ga keroyokan, dan ga jadiin tuh genk biar kesannya kamu di takutin sama isi sekolah (ampe penjaga sekolah bukain pagar pas niat bolos misal).

Masih ada yang ngerasa ga terima bahwa dia ga pernah nge-genk.  Ok!! Kata kita perhalus jadi sohib deket. Sangking deketnya kamu sampai pernah nyium bau ilernya, numapang makan di rumah beberapa sohib. Kaya saya maksudnya, kalo emak kebetulan ga masak atau pas makanan di rumah sohib lebih bikin ngiler maka saya akan dengan rasa hormat numpang makan tanpa permisi kalo mau nambah. Dan buat cerita yang bau iler itu sering terjadi buat temen yang pernah tidur dikamar saya. Kalo ada yang pernah nyium iler saya, buat temen genk saya, sohib saya, minta ridhonya dan jangan pernah diinget lagi betaba busuknya itu.

Nge-genk sebenernya ada baiknya karena itu menandakan kamu bukan orang yang anti sosial, anti temenan dan yang pasti menunjukan kalo kamu bisa simpati dan empati sama temen, kalo ga tuh temen ga bakal tahan selama 3 tahun di SMA. Genk juga bisa bikin kita belajar buat sabar saat ada sohib curhat pake nangis bombay tapi giliran dikasih masukan kaga mempan, sabar saat sohib yang isi kepalanya batu semua, sabar nahan malu saat sohib bikin sesuatu yang keliatan bego bagi banyak orang. Tentunya kita akan belajar buat menahan egoisnya kita saat sohib lain ga nerima apa yang jadi pendapat kita.

Yaaahh, intinya ga semua yang disebut genk itu negatif tergantung dari cara pandang kita.


SENIORITAS
Woow ini kayaknya paling bikin merinding. Senioritas d SMA beda banget sama di SMP. Karena apa?? Karena biasanya yang paling eksis waktu awal masuk MOS bakal jadi incaran bully kaka kelas. Suka ga suka hal semacam ini kayanya selalu ada disetiap tahun. Walau bully di sekolah saya dulu ga serem-serem amat tapi lumayan lah yah bikin rasa males bangun pagi buat ke sekolah naik jadi level ekstrim (ngeles, padahal kalo ga di guyur air ga bangun juga).

Ini biasanya paling sering dialami anak cewek. Why???
Karnena yang namanya cewek itu punya jiwa persaingan yang tinggi, ego tinggi, dan butuh perhatian ekstra tinggi (maaf buat yang pendekan). Cewek kebanyakan ga suka kalo punya saingan, ga suka cewek lain jadi sorotan dan banyak lagi ga suka yang lainnya. Itulah kenapa cewek suka gosip dan suka nyinyir sama orang terutama yang di anggap sebagai pesaing. Daaaaaannnn, celakanya saya juga cewek. Hee :)

Saya bisa dibilang sebagai anak cewek yang pedenya selangit,kalo emak bilang bawaan orok. Mungkin sifat pede yang selangit itulah yang membuat urat malu saya akhirnya menipis dan nyaris putus, ini juga yang menyebabkan saya bisa terekspos dengan mudah (cuiih siapa lo??). Pede ini membawa saya kepada pengalaman dibully. Emang sih bully yang saya rasakan ga pake di permalukan depan orang banyak atau sampe penyok dikeroyok senior. Bully yang saya alami sejenis pembicaraan nyinyir dan pandangan sinis senior. Oh iya, saya juga pernah d cegat pas lagi jalan di koridor sekolah, tapi karena saya punya nyali sedikir preman sya jelas ngelawan, padahal modal saya cuma nekat dikeroyok ya ngacir juga. Saya juga punya temen inisial M dan H yang badannya lebih gede dari saya. Jadi kalo apa-apa kasih aja mereka sebagai tumbal. Itu aja sih bully yang saya alami. Setelah saya fikir sekarang mereka ga suka pasti karena ga suka, dan untuk itu saya minta maaf kepada para senior saya dulu waktu itu mungkin saya masih ababil. Maaf yaa kaka!!???

Pernah jadi junior pasti pernah jadi senior. Pertanyaannya apakah saya pernah nge-bully?? Mungkin pernah tapi tepatnya bersitegang dengan junior soal rebutan pacar dan kata "gue adalah senior" jadi kunci kekuatan untuk saya(berasa banget begonya). Ceritanya tuh ade kelas sms-an ngajak nge-date ama pacar saya padahal dia udah punya cowok (temen 1 angkatan saya) , biasa karena masih labil dan memiliki ceburu berlebih saya samperin tuh cewek. Bahahah lucu ngingetnya, maaf ya ade!??? Di luar dari masalah ini saya lebih memilih jadi pendekar kebenaran dan kebajikan bagi junior saya. Kalo ada yang kelupaan pernah di bully saya juga minta maaf ya. ;)

Well, senioritas ga cuma terjadi di Sekolah. Di rumah juga bisa buat yang kaka-ade, pas kuliah juga masih ada. Sampai nih ya, pas udah kerja juga tuh senioritas makin menjadi, padahal orang kantoran kan harusnya udah pada dewasa ya?? Dewasa dalam bersikap tentunya, tapi tetap aja  bully masih idup, mendarah daging kali yak??

Dari cerita ini kenapa ga kita ubah sih pola pikir tentang "senioritas". Yuk yang pada senior ajarin sama junior apa yang bermanfaat bagi mereka, yang senior ngerti gimana junior yang lagi beradaptasi sama dunia barunya, dibimbing bukan di bully. Yang junior juga musti lebih sopan ama senior, lebih jaga sikap biar mereka yang berasa tua ga tersinggung.

BERBURU GEBETAN
Ahayyydeee. Ini kayanya momen yang paling seru. Saya kenal yang namanya gebetan tuh dari SMP (alamaaakkk, masih bau ketek) tapi cuma cinta monyet. Beda rasanya kalo masa SMA. Yang kalo udah jadian berangkat di jemput, istirahat di tungguin depan kelas, makan bareng walau cuma mie instan, pegangan tangan kemana-mana, kalo ada yang jadian ama kaka kelas tugas bisa dikerjain, pas berantem kelas dibikin kayak setting sinetron, hedeeeehh ga peduli ada guru yang dari jauh geleng-geleng kepala pokoknya cintanya anak SMA kalo udah bersemi yang lain bakal kering ga kebagian pupuk.


Dimasa SMA kalo sohib dan deretan  mantan Saya bilang saya playgirl, kenapa? Karena diliat dari deretan mantan bisa dibilang lumayan. Bukan berarti saya sok cantik atau belaga sok laku,bisa jadi saya beruntung karena saya dikelilingi orang yang sayang dengan saya, tapi mungkin saya kebanyakan menyakiti perasaan mereka.

Saya tumbuh besar dengan merasakan kasih saya cuma dari emak saya tercinta (emak alapyuhh). Ayah saya meninggal dunia saat saya 6th, sedikit saya merasakan kasih sayang dari sosok yang dianggap melindungi. Memang saya punya kaka cowok, tapi waktu itu dia cool abis walau diam-diam sangat perhatian. Jadi deeh saya semacam serakah sama kasih sayang.

Sampai akhirnya saya ketemu dengan cowok baik banget. Mau dicuekin ga bakal pergi, dibohongi dia tau juga kaga marah, bahkan jelas saya selingkuh terang-terangan dia ga ngamuk. Selalu ada dimana aja mau saya perlu atau ga, rela ujan-ujanan jemputin saya, rela uang jajan sebulan lenyap cuman karena sesuatu yang saya pengen tapi saya ga sanggup beli. Sadarnya buat setia ternyata telat dia sakit kanker usus dan akhirnya 1minggu setelah ketemu dengan saya dia meninggal, saat itu pengen rasanya saya teriak minta maaf biar dia bangun, tapi sayang saya cuma bisa terisak menaha
air mata tumpah saat meliat jasadnya terbungkus kafan. KAYA FTV. Tapi itulah cerita saya, saya yang dulu kayanya sulit banget setia.

Jangan salah saya juga pernah diselingkuhi, mungkin ga sampai jadian tapi cowok saya waktu itu beberapa kali kepergok jalan ama cewek lain. Diputusin karna milih cewek lain juga pernah (sakitnya tuh disini #tepokjidat). Walau begitu semua mantan saya dulu adalah orang yang sangat baik beruntunglah pasangan mereka nanti karena akan dapat  perhatian yang luar biasa.Buat mantan yang saya pernah sakitin maaf ya..semoga kita akan bahagia dengan hidup kita masing-masing.

Inilah cerita yang sepertinya kebanyakan anak SMA menjalaninya. Semoga suka - duka, benar - salahnya kita di area putih-abuabu ini bisa jadi pelajaran buat kita ntar, masa-masa menggebu, masa egois berlebihan, masa dimana semua di anggap enteng gampang, masa pikir pendek, bisa membuat kita lebih bersikap dewasa dan menghargai orang lain, temasuk menghargai orang yang suka ataupun tidak dengan kita. Semoga dgn perjalanan ini kita dapat memiliki mental yang sungguh - sunguh dewasa dengan memandang sesuatu ga cuma dari satu arah. Menilai seseorang ga cuma dari yang terlihat.

Salam rindu saya untuk guru-guru SMA saya yang bisa menjadi sahabat dan pengajar dalam hidup saya, salam tepok jidat saya buat sohib-sohib saya yang sampai sekarang selalu ada untuk saya walau kami saling berjauhan. Maaf sekali lagi untuk segala salah yang pernah saya buat pada mereka, senior, junior, dan mereka yang pernah dekat dengan saya.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAMAHKU ANAK SOSMED (Fiksi)

"Kanaya, belikan Mamah paket data dong!!" Terdengar teriakan mamah dari luar kamar dengan suara agak mono, yg kalau dari dekat bisa memekikan tekinga. "Iya mah,bentar!!!" Aku menyahut tidak kalah cempreng dengan tingkat mono sumbang. Mamah baru kenal sosial media beberapa tahun terakhir dan lagi gila-gilanya. Selalu pajang kegiatan terkininya dengan gaya super eksis. Mamah berusia 43 tahun namun dengan perawakan mungil dan masih awet muda, banyak teman-temannya bilang kalau mamah seperti 10 atau 15 tahun terlihat lebih muda. Sosok ibu tunggal pekerja keras, beliau cukup ulet setelah Papah meninggal karena serangan jantung. Beliau pegawai salah satu perusahaan swasta. Kehidupan kami cukup sederhana namun kebutuhan tidak kekurangan, ya cukuplah. Namun semenjak kecanduan Mamah dengan sosmed membuat hidup sepertinya lebih irit. Uang jajanku berkurang, makan di rumah dengan lauk alakadar, keperluan sekolah tidak lagi utama. Mungkin dananya pindah untuk baju gamis yan

MEMBENCI

Hai, gue Desy yang akan bercerita tentang apa saja yang dirasa, didengar, dialami dan diketahui. Semua masalah dan pelik, pahit,manis dan bahagia kehidupan ada di sini. Di RUANG CURHAT.   Membenci adalah hal paling mudah dilakukan oleh hampir banyak orang. Entah kenapa hati begitu gampang tidak suka.   Pernah ga kalian mendengar alasan seseorang tidak menyukai orang lain hanya karena, “Ya ga suka aja.”   Membenci adalah hal yang melelahkan, terlebih saat membenci dengan tambahan amarah. Karena membenci yang biasa kita tujukan pada orang lain akan membuat hati terasa panas dengan bara amarah yang menyala. Membenci itu adalah aktivitas mengganggu, sebab kita sering sukar tidur nyenyak karena dongkol hati. Sementara yang di benci malah hidup normal dan baik-baik saja.   Karena membenci seseorang kita juga bisa lelah menangis kecewa. Meski mulut berkata, “Aku ga benci, cuma kecewa.” Tapi tiap ketemu ada rasa memuncah di hati yang ingin segera diluapkan, entah dengan makian,

TV Indonesia Sejagat Raya

Saya emak rumah tangga yg full time ngurusin anak sama suami sambil curi-curi waktu buat ngurusin olshop kecil-kecilan (sekalian promo di FB: desy faurina dan follow Instagram @desyfaurina yaach kali aja emak mau jajan). Yaah umumnya emak-emak rumah tangga hiburan yang paling sering dinikmati ya TV, walau ga dari pagi ketemu pagi nonton TV aja tapi karena tiap hari ketemu ama tuh TV membuat saya sedikit banyak nyaris tau jadwal acaranya. Hehe bukan kurang kerjaan juga tp emang pengangguran mau gimana??? Dari sekian tahun pernikahan (biarpun masih seumur kecambah) saya kok ngerasa tontonan TV lokal se-Indonesia Raya nyaris ga ada peningkatan mutu, apalagi beberapa tahun terakhir.  Miris dan meringis berhubung saya punya anak usia 3 tahun yang udah ngerti banget sama TV, saya cukup kesulitan memilah milih tayangan baik buat anak (emak lain juga sama kayanya). Itu buat anak lain lagi buat ABG hedeeeh klo dulu zaman 90an masih ada tayangan FTV dongeng kaya cinderella dan beberapa donge