Langsung ke konten utama

CANTIK ITU...???

Beberapa tahun terakhir ini kayaknya yang namanya produk kecantikan makin menjamur di mana-mana. Mulai dari yang harga selangit sampai murah meriah, bahkan ada krim wajah yang belinya bisa dipotong_potong gitu, gila ini krim apa kue???

Para wanita semakin gila-gilaan mempercantik diri dengan cara apapun, buat yang berduit sih enak, bisa ke dokter atau klinik kecantikan berpengalaman, atau yang paling ekstrim buat yang tajir adalah rela keluar kocek gede cuma buat operasi plastik. Terus buat mereka yang pas-pasan duitnya tapi pengen cantik banyak banget produk yang dijual bebas dengan iming-iming muka kinclong dalam 2 minggu. ajiib banget, 2 minggu jerawat ilang ama bekasnya dan ga numbuh lagi, ada juga yang bisa besarin bentuk (sorry) payudara dalam waktu seminggu. belum lagi vitamin pemutih badan yang ga tau pabrik produksinya di mana, oabat diet yang bisa nurunin bobot belasan kilo dalam seminggu (kayak cacingan aja ya). Tentunya banyak lagi prodak yang punya seribu janji, harga terjangkau,dan yang pasti ini dijual BEBASSSS dan kita ga tau efek samping apa yang bakal terjadi setelah pemakaian, setelah bertahun-tahun atau puluhan tahun ke depan.

Jujur sebagai wanita saya ga munafik, saya pun mendambakan kesempurnaan dalam hal penampilan, apalagi saya termasuk orang yang ga bakal keluar rumah tanpa bedak ini udah kayak pantangan buat saya. Saya juga wanita yang kalo ada jerawat di muka bisa berasa minder, apalagi jerawat yang saya punya ini tergantung hormon, so ini bukan perkara simpel buat di obati, kalo stres keluar, pas PMS (mau mens) keluar, jadilah keribetan ini saya selalu alami sampai sekarang. Ga munafik juga, sempat tergiur dengan prodak abal-abal pasaran ini, melihat beberapa temen yang make mukanya yang dulu bopeng dan jerawatan pada mulus tanpa cela, tapi syukurnya ga pernah berani nyoba. Gimana mau nyoba, secara produk dokter aja kaga mempan (mungkin karena ga sabar) apalagi produk "gituan".

Untungnya saya punya suami apoteker yang otomatis tau betul tentang kandungan bahaya dalam produk kecantikan abal-abal ini, dan tau betul efek apa yang timbul jika saya melakukan suntik pemutih badan, jika saya mengkonsumsi suplemen kecantikan. Dialah yang juga menjadi alasan terkuat saya sampai saat ini tidak pernah mencoba dan menghentikan beberapa perawatan yang pernah saya jalani. Bukan membatasi karena pelit atau membatasi saya dalam melakukan berbagai hal, melainkan mengubah cara hidup saya yang dianggap merugikan diri sendiri. Dia juga yang selalu bilang kalo cantik itu bukan karena putih, muka bebas jerawat, badan langsing atau apalah yang kebanyakan dianggap beberapa wanita mengenai kecantikan dan kesempurnaan. Tapi ga juga dibilang gitu lantas saya penuh daki dan jerawatan.

BtW, saya bukan mau ngebahas produk kecantikan yang abal-abal itu ya, tapi lebih kepada cara saya memandang cantik itu sendiri. Dari sedikit pengalaman saya yang pernah ikut ajang duta wisata dan pemilihan putri kecantikan dan di dalamnya diberikan pembekalan tentang apa itu cantik,kenapa kita harus cantik, siapa yang layak disebut cantik, kapan dan di mana kita harus terlihat cantik, lalu bagaimana agar terlihat cantik. Yuk kita bahas sama-sama.

*Apa Itu Cantik
Cantik dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti elok, Indah (antara bentuk,rupa dan lainnya tampak serasi). Yang kalo saya ambil kesimpulan cantik itu adalah sesuatu yang indah ga cuma terlihat dari rupa atau wajah saja melainkan, cara berpakaian yang rapi ga perlu mahal, ga perlu modis-modis banget, intinya rapi dan pas aja sesuai sama sikon. Cara dia bicara, ga perlu selalu terlihat smart tapi ga bego-bego amat juga, ga perlu kayak putri keraton,yang penting ga berlebihan dan ga menguasai pembicaraan sampai lawan bicara ilfeel gegara ga dikasih spasi buat dia ngomong. Cara berperilaku, ga lebai, ga sok asik, menjaga sikap dari sesuatu yang di anggap negatif,ga over aktif dan pastinya ramah. cara berfikir yang bisa menghadapi masalah pake kepala dingin dan tidak egois. tentunya semua diiringi dengan hati yang lembut dan otak yang diisi ilmu berguna biar waktu ketemu dan ngomong sama orang ga mukanya aja yang di liat tapi juga kebaikan hati dan wawasan yang dimiliki. Sekali lagi wawasan, ilmu atau kepintaran disini bukan kita serba tau tapi yang penting pas di ajak ngobrol nyambung dan tetap rendah hati trus klo ga tau tema obrolan tuh nanya jangan sok tau, ga mau kan dibilang cantik-cantik tulalit. 
Naaah berarti cantik ga cuma pasal make up dan muka aja, tapi juga kecerdasan dan hati, yang semuanya musti seimbang dan ga tumpang tindih.

**Kenapa Harus Cantik
Pasti banyak yang jawab, yaaaaaeeeyaalah musti cantik biar banyak yang tertarik dan suka.

Ga salah juga ada benarnya. Coba deh saya tanya ada ga yang suka ama orang yang kucel, dekil,bau, acak-acaka, pokoknya karena dia tampangnya semerawut yang liat juga jadi mumet, ga kaaann??
Jadi, tampil cantik menarik luar dalam itu penting banget buat wanita, karena dari sana bis tergambar kepribadian kita yang pintar dalam menghargai diri sendiri, bukankah cantik berarti merawat diri luar dan dalam sama artinya dengan kita perhatian sama diri kita. Kan semboyannya hargai diri kita dulu sebaik mungkin maka kita akan menghargai orang lain dengan baik.

Kenapa harus cantik?? Karena dengan begitu kita menghargai apa yang telah dianugerahkan Tuhan kepada kita, ini juga salah satu alasan kenapa cantiknya jangan di umbar sama semua orang dengan cara peke baju super ketat dan terbuka. Kan sayang udah bagus, indah, cantik tapi di gratisin sama orang banyak. 

Lagi?? Kenapa harus cantik? 
Okee harus cantik luar dan dalam KARENA, biar yang liat ga sakit mata, biar yang liat ga ilfeel gegara kamu jorok mukanya penuh belek. Cantik bicaranya biar yang dengar kamu ngomong ga sakit kuping atau enek dengernya karena semua isinya bualan, cantik hatinya biar ga ada yang dongkol sama kelakuan kamu.

Masih banyak lagi alasan kenapa kamu harus cantik. Tentunya semua orang punya alasan masing-masing kenapa dia harus cantik. Namun dari semua alasan cantik di mata Tuhan itu lebih baik dari bagaimana cantiknya kita di depan makhluk.

*** Siapa Yang Disebut Cantik???
Semua wanita layak disebut cantik, ga ada wanita di dunia ini yang ga cantik, hanya saja kadang mereka ga sadar dan ga tau gimana caranya membuat diri mereka cantik.
Wanita yang mengganggap diri mereka sempurna dan cantik sejagat raya dan membully orang lain dengan sebutan jelek atau mengolok-olok kekurangan yang orang lain miliki seenarnya mereka yang merasa sempurna itulah yang belum mendapatkan kecantikan sesungguhnya dan mereka lebih rendah derajatnya dari yang mereka olok-olok. itu menurut saya, yang setuju ayuk manggut berjamaah.

Namun untuk versi saya yang saya sebut cantik adalah mereka-mereka yang memiliki hati pemurah dan penyayang lah seharusnya dapat predikat cantik. Sebab percuma cantik tapi hatinya dengki, berpura-pura baik dan senyum yang palsu. Sebaliknya mereka yang punya tampang biasa saja namun memiliki hati yang tulus, ikhlas dan senyum yang selalu mengembang walau saat di hujat maka mereka lah yang saya sebut sebagai cantik yang sesungguhnya. INI MENURUT SAYA.

****Kapan dan Di Mana

Kalo ini mah cantiknya musti kapan aja di mana aja. Apalagi yang udah nikah, biarpun di rumah aja tetep jangan bau terasi,paling ga badan kudu harum dan muka di bedakin dikit supaya ga kayak tambang minyak mentah. Jangan pas jalan aja bling-bling dan full make up.

***** Bagaimana Agar Terlihat Cantik???
- Memperhatikan wajah dan tubuh kita tetap terlihat segar, sehat dan tentunya terawat. Ga bau badan, ga jigongan dan belekan, berpakaian rapi yang matching dan warnanya ga bikin silau(celana kuning baju ijo stabilo) dan bersih. Singkatnya kebersihan wajah dan tubuh penting banget buat di jaga.
-Punya attidude yang baik, bersikap ramah, senyum yang ikhlas dan tau bagaimana saat bicara dengan yang lebih tua, seumuran dan memberi contoh baik buat yang lebih muda. Tidak urakan dan berbuat semaunya, ini karena setiap tempat dan waktu punya aturan berbeda.
- Menambah ilmu pengetahuan agar punya wawasan luas, tujuannya biar seimbang aja antara penampilan sama otak, seperti yang di sebut di atas tadi biar kaga tulalit dan lemot. Wawasan luas juga berguna buat menambah teman baru atau membantu kita saat di tempat baru dengan orang baru.
- Memperbanyak pendekatan dengan Tuhan agar kita lebih banyak bersyukur dan mempunyai tingkat keikhlasan yang lumayan agar terhindar dari rasa dengki, selain itu juga menahan nafsu dalam diri biar ga berlaku egois dan serakah. Tentunya agar kita punya rasa menghargai yang tinggi terhadap seuma milik Tuhan.

Ga perlu merusak diri dengan sesuatu yang belum jelas hasilnya dan efek kedepannya hanya demi mendapat kecantikan di luar, hanya demi pujian semu sesaat.

Ga selalu cantik itu mahal, yang penting adalah bagaimana kita berpenampilan baik diiring dengan perilaku baik kepada siapapun dan kecerdasan yang berguna bagi semua plus selalu rendah hati dengan menebar benih-benih kebaikan.


Ini pun saya tulisa agar bisa mengingat kan diri saya yang selalu lupa diri demi sebutan dan predikat "cantik" semata.Saya pun masih belajar untuk memperbaiki diri terus dan terus. 

Untuk para wanita di manapun berada, hargailah diri kita dan buatlah diri kita cantik dengan hati, dengan senyuman ikhlas dan jauh dari rasa dengki dengan sesama.
jaga dan rawat apa yang Tuhan telah anugerahkan kepada kita. termasuk menjaga dan merawat mereka yang menyayangi kita. kembangkan potensi yang kita punya jangan mau menjadi katak dalam tempurung yang terpuruk dan tidak melakukan apa-apa. 

Jadikan diri lita sebagai wanita yang penuh kasih dan cinta, penuh kelembutan dan kehangatan, cerdas dan memiliki kelapanggan dada serta kesabaran yang sangat besar, namun kuat dan tangguh ketika menghadapi masalah dan tantangan apapun....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMBENCI

Hai, gue Desy yang akan bercerita tentang apa saja yang dirasa, didengar, dialami dan diketahui. Semua masalah dan pelik, pahit,manis dan bahagia kehidupan ada di sini. Di RUANG CURHAT.   Membenci adalah hal paling mudah dilakukan oleh hampir banyak orang. Entah kenapa hati begitu gampang tidak suka.   Pernah ga kalian mendengar alasan seseorang tidak menyukai orang lain hanya karena, “Ya ga suka aja.”   Membenci adalah hal yang melelahkan, terlebih saat membenci dengan tambahan amarah. Karena membenci yang biasa kita tujukan pada orang lain akan membuat hati terasa panas dengan bara amarah yang menyala. Membenci itu adalah aktivitas mengganggu, sebab kita sering sukar tidur nyenyak karena dongkol hati. Sementara yang di benci malah hidup normal dan baik-baik saja.   Karena membenci seseorang kita juga bisa lelah menangis kecewa. Meski mulut berkata, “Aku ga benci, cuma kecewa.” Tapi tiap ketemu ada rasa memuncah di hati yang ingin segera diluapkan, entah dengan makian,

TV Indonesia Sejagat Raya

Saya emak rumah tangga yg full time ngurusin anak sama suami sambil curi-curi waktu buat ngurusin olshop kecil-kecilan (sekalian promo di FB: desy faurina dan follow Instagram @desyfaurina yaach kali aja emak mau jajan). Yaah umumnya emak-emak rumah tangga hiburan yang paling sering dinikmati ya TV, walau ga dari pagi ketemu pagi nonton TV aja tapi karena tiap hari ketemu ama tuh TV membuat saya sedikit banyak nyaris tau jadwal acaranya. Hehe bukan kurang kerjaan juga tp emang pengangguran mau gimana??? Dari sekian tahun pernikahan (biarpun masih seumur kecambah) saya kok ngerasa tontonan TV lokal se-Indonesia Raya nyaris ga ada peningkatan mutu, apalagi beberapa tahun terakhir.  Miris dan meringis berhubung saya punya anak usia 3 tahun yang udah ngerti banget sama TV, saya cukup kesulitan memilah milih tayangan baik buat anak (emak lain juga sama kayanya). Itu buat anak lain lagi buat ABG hedeeeh klo dulu zaman 90an masih ada tayangan FTV dongeng kaya cinderella dan beberapa donge

MAMAHKU ANAK SOSMED (Fiksi)

"Kanaya, belikan Mamah paket data dong!!" Terdengar teriakan mamah dari luar kamar dengan suara agak mono, yg kalau dari dekat bisa memekikan tekinga. "Iya mah,bentar!!!" Aku menyahut tidak kalah cempreng dengan tingkat mono sumbang. Mamah baru kenal sosial media beberapa tahun terakhir dan lagi gila-gilanya. Selalu pajang kegiatan terkininya dengan gaya super eksis. Mamah berusia 43 tahun namun dengan perawakan mungil dan masih awet muda, banyak teman-temannya bilang kalau mamah seperti 10 atau 15 tahun terlihat lebih muda. Sosok ibu tunggal pekerja keras, beliau cukup ulet setelah Papah meninggal karena serangan jantung. Beliau pegawai salah satu perusahaan swasta. Kehidupan kami cukup sederhana namun kebutuhan tidak kekurangan, ya cukuplah. Namun semenjak kecanduan Mamah dengan sosmed membuat hidup sepertinya lebih irit. Uang jajanku berkurang, makan di rumah dengan lauk alakadar, keperluan sekolah tidak lagi utama. Mungkin dananya pindah untuk baju gamis yan