Langsung ke konten utama

TV Indonesia Sejagat Raya

Saya emak rumah tangga yg full time ngurusin anak sama suami sambil curi-curi waktu buat ngurusin olshop kecil-kecilan (sekalian promo di FB: desy faurina dan follow Instagram @desyfaurina yaach kali aja emak mau jajan). Yaah umumnya emak-emak rumah tangga hiburan yang paling sering dinikmati ya TV, walau ga dari pagi ketemu pagi nonton TV aja tapi karena tiap hari ketemu ama tuh TV membuat saya sedikit banyak nyaris tau jadwal acaranya. Hehe bukan kurang kerjaan juga tp emang pengangguran mau gimana???

Dari sekian tahun pernikahan (biarpun masih seumur kecambah) saya kok ngerasa tontonan TV lokal se-Indonesia Raya nyaris ga ada peningkatan mutu, apalagi beberapa tahun terakhir.  Miris dan meringis berhubung saya punya anak usia 3 tahun yang udah ngerti banget sama TV, saya cukup kesulitan memilah milih tayangan baik buat anak (emak lain juga sama kayanya). Itu buat anak lain lagi buat ABG hedeeeh klo dulu zaman 90an masih ada tayangan FTV dongeng kaya cinderella dan beberapa dongeng  yang di buat serialnya, atau sinetron ABG kya "Luv" yang isinya Zeze Sahab dengan cerita full tentang persahabatan (no pacaran) atau jin dan jun yang isinya juga ga ada adegan mesra-mesraan sama pacar, masih ada acara musik buat remaja yang isinya cuma musik bukan kaya sekarang yang isinya acara musik bukain aib host satu sama lain (kebanyakan).

Entah karena mengejar rating acara biar makin banyak iklan trus pengusaha stasiun TV pada makin kaya atau emang udah ga ada ide kreatif lagi buat bikin acara yang lebih mendidik, bener - bener ga ngerti. Coba deh buat yang emang doyan TV kebanyakan isi FTV sama Sinetron keluarga yang isinya ga jauh dari perceraian,perselingkuhan, kejamnya mertua,durhakanya menantu,poligami, KDRT. Trus sinetron atau film remajanya cerita ga jauh dari pacaran,ciuman,hamil diluar nikah, atau ga tentang bullying.
Walau ga semua melainkan nyaris aja yang artinya dikit banget baiknya, menurut saya dari tontonan yang hampir tiap hari isinya gak jauh dari tema barusan mungkin sedikit banyak akan mempengaruhi pola pikir si penonton, walau saya bukan psikolog, saya yakin kalo tontonan perselingkuhan sedikit banyak mempengaruhi pola pikir istri-istri untuk curiga sama suami (paling engga memancing buat mikir gitu).

"Jangan2 dia di kantor...??"
"Jangan2 dia lembur...?"

Sedikit banyak juga tontonan remaja bahkan parahnya anak SD akan membuat pola pikir klo pacaran itu bukan sesuatu yang tabu lagi buat mereka dan bisa jadi mereka bikin genk biar di bilang kece trus nge-bully biar di bilang cool, keren atau biar bisa bersikap bossy sama temennya.

Belum lagi tayangan news, isinya ga lewat dari kriminal atau pejabat yang lagi berantem klo ga lagi berita orang mau bunuh diri yang diliput dari naik tower ampe lompat( klo di contoh anak-anak yang ga sengaja nonton gimana??)

"Ribet amat sih ngurusin tayangan TV?? Klo ga suka pindah aja atau ga usah nonton tv aja!!" Ga sedikit juga yang bilang gini dan ini ga mungkin banget.

Walaupun ada orang yang ga nonton tv tp ga semua orang bisa buat ga nonton tv. Klo masalah ga suka ama tontonan terus pindah chanel bingung juga karena tv tetangga hampir sama aja. Trus gmana??

Tips sih dari saya:
1. Tegas sama jam nonton buat anak, ade, atau keluarga yang masih di bawah umur. Jangan nonton sehariann juga karena apapun yang berlebihan itu ga baik.
2. Milih banget banget  tayangan mana yang minim negatifnya.
3. Jangan cape atau males buat dampingin anak nonton, biar anak ga nelen bulat-bulat apa yang didengar dan diliat mereka.
4. Buat aktivitas seru entah itu di luar atau di rumah, misal main sama anak, nulis blog kya saya atau di sosial media lain, baca buku biar ga cepet pikun, dengerin musik atau ngobrol sama temen,keluarga atau tetangga(bukan ngerumpi lho).
5. Mempertebal iman dan ilmu agama biar ga kebawa ama isi senetron dan tontonan yg negatif. Khususnya iklan tv yg bikin nafsu belanja bisa memuncak. Eyaaaakk

anywayyy tekeweey kewey.. saya berharap banget ada perbaikan tontonan dari semua televisi sejagat raya. Semoga pihak2 yang punya andil besar di dunia pertelevisian terbuka hatinya untuk memberikan tayangan yang memberi efek positif untuk tumbuh kembang manusia-manusia di negaranya ga cuma mikirin keuntungan sepihak.

itu aja deh dulu.. moga manfaat yach..



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMBENCI

Hai, gue Desy yang akan bercerita tentang apa saja yang dirasa, didengar, dialami dan diketahui. Semua masalah dan pelik, pahit,manis dan bahagia kehidupan ada di sini. Di RUANG CURHAT.   Membenci adalah hal paling mudah dilakukan oleh hampir banyak orang. Entah kenapa hati begitu gampang tidak suka.   Pernah ga kalian mendengar alasan seseorang tidak menyukai orang lain hanya karena, “Ya ga suka aja.”   Membenci adalah hal yang melelahkan, terlebih saat membenci dengan tambahan amarah. Karena membenci yang biasa kita tujukan pada orang lain akan membuat hati terasa panas dengan bara amarah yang menyala. Membenci itu adalah aktivitas mengganggu, sebab kita sering sukar tidur nyenyak karena dongkol hati. Sementara yang di benci malah hidup normal dan baik-baik saja.   Karena membenci seseorang kita juga bisa lelah menangis kecewa. Meski mulut berkata, “Aku ga benci, cuma kecewa.” Tapi tiap ketemu ada rasa memuncah di hati yang ingin segera diluapkan, entah dengan makian,

MAMAHKU ANAK SOSMED (Fiksi)

"Kanaya, belikan Mamah paket data dong!!" Terdengar teriakan mamah dari luar kamar dengan suara agak mono, yg kalau dari dekat bisa memekikan tekinga. "Iya mah,bentar!!!" Aku menyahut tidak kalah cempreng dengan tingkat mono sumbang. Mamah baru kenal sosial media beberapa tahun terakhir dan lagi gila-gilanya. Selalu pajang kegiatan terkininya dengan gaya super eksis. Mamah berusia 43 tahun namun dengan perawakan mungil dan masih awet muda, banyak teman-temannya bilang kalau mamah seperti 10 atau 15 tahun terlihat lebih muda. Sosok ibu tunggal pekerja keras, beliau cukup ulet setelah Papah meninggal karena serangan jantung. Beliau pegawai salah satu perusahaan swasta. Kehidupan kami cukup sederhana namun kebutuhan tidak kekurangan, ya cukuplah. Namun semenjak kecanduan Mamah dengan sosmed membuat hidup sepertinya lebih irit. Uang jajanku berkurang, makan di rumah dengan lauk alakadar, keperluan sekolah tidak lagi utama. Mungkin dananya pindah untuk baju gamis yan